5 Tips Berbakti Kepada Orang Tua

Di dalam Agama Islam, birrul walidain atau berbakti kepada orang tua adalah hal penting yang harus kita lakukan sepanjang waktu. Bahkan, perintah untuk berbakti pada kedua orang tua juga telah disampaikan, baik di Al-Qur’an maupun hadits.

Hal ini tentu menegaskan bahwasanya hubungan kita dengan orang tua di dalam Islam begitu diperhatikan. Menunaikan bakti kepada orang tua sejatinya bisa dilakukan dengan banyak hal.

Lantas, bagaimana cara berbakti kepada orang tua dalam Islam? Untuk menjawab, setidaknya ada 5 tips yang bisa kita lakukan untuk, yaitu:

1. Mendoakan Kebaikan Kepada Orang Tua

Salah satu hal yang membuat seorang anak bisa terus berbakti pada ibu bapaknya adalah dengan mendoakan kebaikan bagi keduanya. Lakukan hal ini setiap kali kita sujud dan berdoa pada waktu sholat.

2. Menjalin Hubungan dengan Kerabat

Menjalin hubungan dengan kerabat-kerabat dari orang tua kita adalah salah satu bentuk bakti yang tetap bisa kita amalkan meskipun mereka telah tiada. Dengan begitu, hubungan silaturahmi antar keluarga bisa terus terjaga.

3. Menutup Aibnya

Setiap orang di dunia tentu saja memiliki aibnya masing-masing, termasuk juga orang tua kita sendiri. Salah satu bentuk bakti kita kepada mereka adalah senantiasa menutup rapat aib-aib orang tua kita yang mungkin saja kita ketahui.

4. Menopang Kesulitan Orang Tua

Pada saat tertentu, mungkin saja orang tua kita sedang menghadapi masa-masa sulit seperti keuangan, kesehatan, atau merasa kesepian. Pada saat itulah kita bisa berbakti dengan menopang kesulitan yang mereka alami meskipun harus berkorban.

5. Bersedekah atas Nama Orang Tua

Salah satu amal yang masih bisa menjadi ladang pahala bagi mereka yang sudah meninggal adalah bersedekah menggunakan nama yang bersangkutan. Hal ini juga bisa menjadi bentuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

Dengan terus menjaga bakti kita kepada kedua orang tua, Insya Allah apa yang ingin kita ikhtiarkan bisa dipermudah oleh Allah SWT.

Berbakti kepada orang tua tidak terbatas hanya pada kelima tips di atas saja. Kita juga bisa menyalurkan kebaikan wakaf melalui platform GoAmal, termasuk untuk kedua orang tua kita. Tunggu apa lagi? Pastikan untuk beramal maksimal di GoAmal!

Beranda
Bantuan
Infak Cepat
Cari
Akun